Catatan Yang Pernah Terlintas di Kepala

Cara Custom Domain TLD di Blogspot

Blogger adalah platform gratis di mana calon penulis dapat memulai untuk membuat blog atau website tanpa banyak fokus pada hal-hal teknis seperti nama domain, hosting, dll. Namun, nama domain default yang disediakan oleh Blogger mungkin tidak sepenuhnya mencerminkan identitas blog Anda karena agak panjang dan ada embel-embel “blogspot” dan mungkin agak kesulitan untuk mengingat URL blog Anda dan terkesan tidak profesional karena gratisan.

Melalui tutorial ini saya akan menjelaskan langkah demi langkah yang harus Anda lakukan untuk menambahkan custom domain TLD (top level domain) ke blog blogger atau website Anda sehingga Anda dapat memiliki URL custom yang lebih pendek, profesional dan lebih mencerminkan jati diri blog Anda.

Apa itu TLD?

TLD merupakan kata yang ada di belakang domain seperti misalnya .com, .net, .org. dan lain-lain. Kalau membaca contoh TLD tadi, Anda pasti sudah langsung tahu, mana dari nama alamat sebuah situs yang merupakan bagian dari TLD? Singkatnya sih seperti ini. Jika ada alamat situs: www.test.edu, www.baliroundtrips.com maka .edu dan .com adalah TLD-nya. Top-level domain adalah bagian akhir dari nama domain Anda, elemen ini berada setelah tanda titik atau dot terakhir pada domain. Karena top-level domain ini berada pada akhir nama domain, ini disebut juga dengan domain suffix.

Sebelum mengenal TLD lebih lanjut, Anda harus tahu bahwa nama domain dibagi menjadi tiga level – subdomain yang berada pada bagian depan atau kiri, second-level domain atau label yang berada di tengah, dan top-level domain yang terletak pada akhir atau bagian paling kanan nama domain.

Nama domain yang memiliki second dan top-level domain disebut dengan Fully Qualified Domain Name (FQDN).

Untuk lebih jelasnya, mari ulas lebih dalam lagi contoh dari nama domain sub.example.com.

  • sub – adalah subdomain
  • example – adalah mid-level domain
  • .com – adalah top-level domain
  • Semua level domain ini dipisahkan dengan titik atau “dot”.

Seperti yang terlihat pada contoh, top-level domainnya adalah .com – yang menunjukkan bahwa situsnya adalah situs komersial.

TLD ada dua jenis, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). TLD seperti .com, .edu, dan contoh lainnya masuk ke dalam gTLD, sedangkan yang masuk ke dalam ccTLD adalah TLD untuk tiap negara. Misalnya Indonesia punya kode ID (co.id atau or.id). Masing-masing TLD sebenarnya sudah bisa memberikan gambaran yang jelas tentang apa dari situs tersebut. Beberapa contoh TLD dan peruntukannya adalah sebagai berikut :

  • .com : untuk komersial
  • .net : untuk jaringan
  • .biz :  untuk bisnis
  • .info : informasi
  • .org : untuk organisasi
  • .tv : untuk televisi
  • .edu : untuk pendidikan
  • .pro : untuk profesi
  • .ac.id : untuk lembaga akademik yang ada di Indonesia
  • .go.id : untuk organisasi pemerintah yang ada di Indonesia
  • .co.id : untuk perusahaan komersial yang ada di Indonesia

Mengapa seperti itu?

Aspek nama domain, terutama TLD, diatur oleh The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers atau ICANN.

ICANN mengawasi semua jenis top-level domain berdasarkan apa yang berhubungan dengan website tersebut. Sebagaimana top-level domain dari suatu website harus sesuai dengan tujuan dan isinya, Anda dapat mengetahui tipe suatu website melalui TLDnya.

Oke kali ini kita akan mengganti sub-domain blogspot menjadi custom domain .com , meskipun blogspot adalah platform yang geratis akan tetapi bisa juga di custom, berikut adalah cara mengubah domain blogspot menjadi domain TLD.

Custom Domain ke Blogger Secara Manual

Adapun langkah- langkah secara umum dalam custom domain ke blogger yaitu,

#1. Melakukan Pengaturan di Akun Blogspot

Langkah selanjutnya dalam custom domain ke Blogger, buka tab baru pada browser, ketikkan www.blogger.com. Kemudian login menggunakan akun blogger anda. Pilih Setelan kemudian klik Dasar. Klik pada bagian Alamat Blog klik tulisan Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.

Cara Custom Domain TLD di Blogspot • domain

Tuliskan nama domain yang telah didaftar pada A record tadi. Misalnya www.widiada.my.id. Lalu klik Simpan. Maka akan ada error dari pihak blogger yaitu “Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini“. Mengapa itu bisa terjadi? Hal ini dikarenakan domain yang anda tuliskan belum ada sinkronisasi dari pihak blogger dan domain. Untuk melakukan sinkronisasi, terdapat host unik dan record unik dari google yang harus di masukkan ke pengaturan domain. Catat host unik yang diberikan blogger yang dilingkari merah seperti pada gambar.

Cara Custom Domain TLD di Blogspot • domain

#2. Login Client Area

Langkah selanjutnya masuk ke client area tempat anda membeli domain di web browser anda. Lalu masukkan username dan password anda. Username dan password ini merupakan akun anda pada saat mendaftar di tempat anda membeli domain maupun hosting.

Cara Custom Domain TLD di Blogspot • domain

#3. Memilih Domains

Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman client area. Pada halaman ini anda dapat mengelola semua produk yang telah anda beli. Karena kali ini akan dilakukan custom domain, maka silahkan klik Menu Domains. Kemudian beri tanda centang dan klik pada domain yang dipilih.

Cara Custom Domain TLD di Blogspot • domain

#4. Mengelola DNS Zone Editor

Masih tetap pada menu Domains, silahkan pilih tab Manage DNS. Kemudian terdapat DNS Zone Manager. Nah, DNS Zone Manager ini berfungsi untuk mengelola DNS (Domain Name Server). Kemudian klik ADD New Record.

Cara Custom Domain TLD di Blogspot • domain

Keterangan :

  1. Domain : Masukan kode “Nama” (sesuai pada langkah #1)
  2. TTL : Biarin aja seperti itu (14400)
  3. Record Type : Pilih CNAME
  4. Hostname : Masukan kode “Tujuan” (sesuai pada langkah #1)

Jika sudah sesuai, klik aja “Add Record

Selanjutnya anda perlu memasukan DNS Record yang kedua. Tinggal ulangi seperti gambar di atas:

Cara Custom Domain TLD di Blogspot • domain

Keterangan :

Domain : Masukan kode “Nama” (sesuai pada langkah #1)

TTL : Biarin aja seperti itu (14400)

Record Type : Pilih CNAME

Hostname : Masukan kode “Tujuan” (sesuai pada langkah #1)

Jika sudah sesuai, klik lagi tombol “Add Record

#5. Menambahkan A Record

Setelah itu sobat masih perlu memasukan 4 DNS Records tambahan agar nanti domain blog sobat bisa diakses tanpa www. Biar mudah ikuti saja sesuai pada gambar di bawah:

Cara Custom Domain TLD di Blogspot • domain

Keterangan :

  1. Domain : Kosongin
  2. TTL : Biarin aja seperti itu (14400)
  3. Record Type : Pilih A
  4. IP or Hostname : Masukan 216.239.32.21

Jika sudah selesai, klik lagi tombol “Add Record

Selanjutnya tambahkan 3 DNS Records lagi seperti gambar di atas dengan memasukan IP or Hostname berikut ini:

  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

Jadi setelah selesai akan ada 4 A record seperti nampak pada gambar dibawah ini :

Cara Custom Domain TLD di Blogspot • domain

#5. Balik lagi ke Tab Setelan di blogger, setelah itu tinggal klik “Simpan

Cara Custom Domain TLD di Blogspot • domain

Jika semua langkah di atas diikuti dengan benar, seharusnya domain anda sudah sukses terpasang. Untuk proses custom domain ini memerlukan waktu propagansi kurang lebih 24 jam untuk resolving DNS dan update konfigurasi. Apabila telah berhasil terhubung, anda akan dihadapkan dengan opsi pengalihan domain dari non-www ke www pada dashboard blogger. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada pilihan www.

Demikian tutorial singkat untuk custom domain dari blogspot ke TLD (top level domain), jika ada pertanyaan bisa disampaikan melalui kolom komentar

Silahkan Berkomentar